Terpopuler:

19 Jenis Bibit Mangga Rekomendasi Untuk DiKoleksi

20 Juni 2018 - Kategori Blog

Bibit Mangga Rekomendasi Untuk Koleksi

Bibit Mangga Rekomendasi Untuk Koleksi

Tanaman Mangga – Tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 meter. Sebagai tumbuhan khas tropis, mangga begitu subur di Indonesia. Sekilas pohon mangga memiliki bentuk yang sama.

Meski terlihat sama, ternyata mangga itu mempunyai banyak varietas lho. Ada ciri khasnya masing-masing, mulai dari warna, rasa, dan cara makannya.

Selain bisa enak di makan langsung, buahnya juga bisa dijadikan jus mangga , manisan manisan mangga, sambel pencit ( mangga muda ).Tak heran, karena buah ini sangat menggoda dengan aroma harum dan rasa manis.

Inilah 19 jenis mangga yang kami rekomendasikan untuk dibudidayakan antara lain :

1 . MANGGA GEDONG GINCU

 

Tanaman Mangga Gedong Gincu , Buah Mangga Gedong Gincu warnanya sangat cantik dengan kulit kuning kemerahan layaknya warna gincu merah. Daging buah cukup tebal, berwarna kuning kemerahan dan berserat halus. Rasanya manis dan aromanya harum. Termasuk dalam kategori termahal di kelasnya. Mangga Gedong Gincu masih menjadi idola di dalam negeri, bahkan sudah menembus pasaran ekspor dan menjadi primadona di mancanegara. Sangat cocok dijadikan tabulampot karena tampilan buahnya yang cukup eksotis. Bibit Mangga Gedong Gincu termasuk jenis mangga cepat berbuah dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

2 . MANGGA OKYONG

 

Tanaman Mangga Okyong memiliki keunggulan dibandingkan jenis mangga lain. Rasa buahnya yang sangat manis saat matang ditambah aroma yang harum serta biji tipis menjadikannya istimewa. Tanaman buah ini dapat di tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bibit Mangga Okyong dapat juga dibudidayakan dengan cara menanam Mangga Okyong Dalam Pot atau Tabulampot Mangga Okyong. Keunggulan lainnya adalah dalam setahun dapat berbuah 2-3 kali.

3 . MANGGA APEL

 

Tanaman Mangga Apel (Mangifera Indica) adalah mangga yang manis masam rasanya, bentuknya bulat seperti apel kulitnya sembur kemerah merahan dan ada juga yang full merahnya. Aromanya harum dan mengundang selera untuk menikmatinya. Mangga jenis ini katanya ditanam dengan jarak antar pohon 4 meter dan untuk memudahkan perawatan dan pemanenan mangga maka tinggi pohon dipertahankan sekitar 2 m dengan cara memangkas cabang dahan pohon secara teratur. Untuk mengatur jumlah buah supaya besarnya seragam, setiap cabang dahan pohon yang akan mengeluarkan buah diusahakan hanya beranting dua. Untuk menjaga mangga menyebar merata dengan posisi mudah dijangkau untuk perawatannya, setiap ranting pohon yang terdapat mangga digantung dengan tali.

4 . MANGGA AGRIMANIA

Tanaman Mangga Agrimania

Rp 95.000

Tanaman Mangga Agrimania salah satu jenis mangga unggulan dari Indramayu yang menjadi primadona. Mangga Agrimania mirip mangga gedong gincu dengan warna ke merah-merahan kalau sudah matang, rasanya manis legit, tetapi yang menarik adalah buahnya besar dan bobot rata-rata perbiji dapat mencapai lebih dari 1 kg. Mangga Agrimania sangatlah unik dan produktif, perawatannya tidak sulit dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Tanaman buah ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Bibit Mangga Agrimania dapat ditanam di pot atau tabulampot

5 . MANGGA GOLEK

 

Tanaman Mangga Golek –  Jenis mangga lokal asal Probolinggo dan Pasuruan ini namanya sudah sangat tenar. Menteri Pertanian sudah melepas mangga golek ini sebagai varietas unggul. Buah mangga ini bentuknya panjang, ujungnya meruncing dan tak berparuh. Warna buah muda hijau sedangkan yang tua berwarna kuning pada pangkalnya dan kehijauan pada ujungnya. Kulit tidak begitu tebal, halus, dan terdapat bintik bintik kelenjar yang berwarna putih kehijauan dan berubah menjadi cokelat setelah buah tua. Daging buah tebal, berwarna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika diiris tidak banyak mengeluarkan air. Rasanya sangat manis dan aromanya harum tajam. Panjang buahnya 17 cm dengan berat kurang lebih 500 g. Produktivitas rata-rata per pohon sekitar 52 kg.

6 . MANGGA ALPUKAT

 

Tanaman Mangga Alpukat – Tak ada yang aneh dari tampilan luar buah mangga ini, bentuknya sama saja dengan mangga pada umumnya. Perbedaan mulai terasa saat Anda mulai mengupasnya.
Mangga alpukat merupakan sebutan untuk buah mangga yang dikupas dan dimakan seperti halnya buah alpukat.
Keistimewaan mangga ini adalah pada rasanya yang lebih manis dan tahan lama. Berbeda dari jenis mangga yang biasa dikenal oleh masyarakat, cara menyantap mangga alpukat ini pun cukup praktis.
Mangga ini tidak perlu dikupas kulitnya, cukup dengan dibelah tengahnya kemudian diputar hingga terbelah menjadi dua. Lalu daging buahnya dapat langsung dimakan menggunakan sendok seperti makan buah alpukat. Itulah kenapa mangga ini disebut dengan mangga alpukat.
Selain cara makannya yang fenomenal, mangga alpukat ini mempunyai keistimewaan lain yaitu daging buahnya yang lebih tebal, tekstur lebih padat, jumlah serat buah yang sedikit, kadar air yang lebih rendah serta ukuran pohonnya yang tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan dalam memetiknya.

7 . MANGGA GADUNG

Tanaman Mangga Gadung

Rp 49.000

Salah satu jenis buah mangga varietas lokal yang berpotensi dikembangkan adalah Tanaman mangga gadung.
Dagingya mangga gadung biasanya gemol/tebal dengan warna kuning keemasan ketika matang dan rasa yang manis dengan bau harum segar yang menggugah selera makan. Beratnya biasanya berkisar antara 500-8000 g per buah

8 . MANGGA HARUMANIS

 

Tanaman Mangga harumanis merupakan varietas mangga dari Probolinggo jatim. Rasanya yang harum dan manis dikala matang inilah yang menajdi ciri khas harum manis sesuai dengan namanya harum dan manis.
Mangga yang berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur – ini merupakan salah satu varietas unggul yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian. Disebut arumanis karena baunya harum (arum) dan rasanya manis. Pohon mangga arumanis berdaun lebat dan memiliki mahkota pohon seperti kerucut terpotong berdiameter 13,0 cm. Daun berbentuk lonjong dan ujung runcing dengan panjang bisa mencapai 45 cm.

9 . MANGGA GARIFTA ORANGE

 

Tanaman Mangga Garifta Orange – Berbeda dengan mangga jenis gadung atau manalagi yang banyak diminati masyarakat karena rasa manisnya, mangga garifta yang berwarna merah kekuning-kuningan ini memiliki rasa manis bercampur rasa masam.
Adanya rasa masam itulah yang membuat orang kurang berminat menikmati mangga Pasuruan itu.Namun justru perpaduan rasa itu yang memikat warga luar negeri.
Mangga Garifta Oranye adalah perkawinan mangga-mangga lokal kualitas terbaik. Dari perkawinan inilah kami menghasilkan mangga garifta oranye dengan rasa manis dan warna yang indah.

10 . MANGGA FALAN

 

Tanaman Mangga Fa Lan ini memiliki rasa manis renyah kayak crispy. bentuknya panjang sedikit meruncing dan berwarna hijau. nama lain mangga fa lan adalah mangga thunder.
Mangga Falan atau mangga Thunder memiliki buah berwarna hijau, bentuk memanjang berujung runcing. Buah muda mangga Falan memiliki rasa manis renyah / crispy sedangkan buah tua tetap berwarna hijau dengan rasa sangat manis. Mangga Falan memiliki bobot buah 250 – 400 gram

11 . MANGGA CHOKANAN

Tanaman Mangga Chokanan

Rp 38.000

Tanaman Mangga Chokanan ( Mangifera indica ) memiliki rasa manis yang sangat terasa di lidah. Bahkan saking manisnya mangga ini sering mendapat julukan mangga madu. Mangga Chokanan bisa dikonsumsi saat matang sempurna maupun saat masih muda. Rasa mangga chokanan muda memang tidak sama masam, berbeda dengan mangga muda biasa

12 . MANGGA KIOJAY

Tanaman Mangga Kio Jay

Rp 40.000

Tanaman Mangga Kiojay adalah salah satu jenis mangga unggul yang berasal dari Thailand. Termasuk salah satu jenis mangga yang cepat berbuah. Sangat cocok ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Keunggulan lainnya adalah dapat ditanam ditanah langsung ataupun dengan cara menanam Mangga Kiojay Dalam Pot atau sering disebut Tabulampot.

 

13 . MANGGA KELAPA

 

Tanaman Mangga kelapa bisa mencapai berat rata-rata 1 kg, bentuknya mirip kelapa gading dan berwarna hijau bulat. dagingnya tebal dan harum. mangga kelapa berasal dari Medan Sumatera Utara.

Mangga ini beratnya dapat mencapai antara 0.8-2 kg (yang paling dominan 1 kg-an) per buah. Dinamakan mangga kelapa karena bentuk dan ukuran buahnya mirip Kelapa gading dan berwarna hijau. Daging buahnya tebal dan bijinya relatif kecil , teksturnya lunak tak berserat, dan kandungan airnya banyak. Rasanya manis dan segar.

14 . MANGGA IRWIN / MANGGA UNGU

Tanaman Mangga Irwin

Rp 31.500

Tanaman Mangga Irwin – Salah satu varietas mangga introduksi dari Australia yang selain memiliki tampilan menarik tetapi juga memiliki rasa ‘ramai’ adalah Mangga Irwin.
Seperti halnya mangga Yuwen, mangga Irwin memiliki tampilan warna merah yang menarik pada buahnya merah keunguan.
Mangga Irwin yang dapat mencapai ukuran cukup besar mencapai berat 500 gr perbuahnya ini memiliki tekstur daging padat agak berair dengan serat cukup.

15 . MANGGA MAHATIR

Tanaman Mangga Mahatir

Rp 59.900

Tanaman Mangga mahatir – sangat populer saat ini karena keunggulan yang ada pada ukuran buahnya yang super jumbo dengan berat mencapai 2,5 sampai 3 kg per buah. Buah ini mempunyai keunikan pada ujung buahnya yang berbentuk seperti paruh burung, jadi lebih memudahkan kita untuk membedakan dengan jenis mangga yang lain. Selain itu mangga ini mempunyai rasa yang sangat manis tanpa serat.
Mangga mahatir dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan mangga esmo. Tanaman buah ini termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus. Tanaman yang berasal dari daerah Kinabalu Malaysia ini termasuk dalam jenis mangga genjah atau jenis buah yang cepat berbuah.

16 . MANGGA MANALAGI

Tanaman Mangga Mahatir

Rp 59.900

Tanaman Mangga Manalagi merupakan mangga dari Situbondo, ukuran buahnya yang besar dan memiliki warna buah yang kuning dan manis dikala buah mangga ini sudah matang. bentuknya panjang bulat sedikit berlekuk dan berparuh dengan kulit tetap hijau meskipun sudah matang.
Selain dalam keadaan matang atau mengkal, buah mangga manalagi ini juga banyak dikonsumsi dalam keadaan mentah sebab rasa asamnya tidak terlalu dominan seperti jenis mangga lainnya. Ia populer dijadikan bahan rujak.

17 . MANGGA YUWEN

Tanaman Mangga Yuwen

Rp 45.000

Tanaman Mangga Yuwen – merupakan varietas baru yang mulai populer di Indonesia sejak dua tahun terakhir. Sebagai pendatang baru, potensi budidaya mangga yuwen cukup besar. Memiliki sejumlah keunggulan, harga buah mangga ini bisa mencapai Rp 100.000 per buah di supermarket. Harganya bisa semahal itu karena pasokan mangga ini masih terbatas.
Mangga yuwen dapat dibudidayakan melalui sistem vegetatif, seperti okulasi atau sambung. Teknik okulasinya dilakukan dengan menyambungkan mata tunas dari pohon induk mangga yuwen dengan bibit batang bawah mangga biasa.

18 . MANGGA PELANGI

 

Tanaman Mangga Pelangi / Mahachanok berasal dari Thailand dan sangat digemari oleh para penikmat buah mangga. Aroma harum buahnya menyengat, tekstur dagingnya yang empuk hampir tanpa serat dan berbiji tipis menjadi keunggulannya. Warna buah yang menawan ditambah rasa manis dan daging buah yang tebal sudah cukup membuat mangga berkulit merah kuning orange ini sukses diekspor ke negara Jepang.Keunggulan lain dari mangga pelangi adalah sangat cocok ditanam di pot atau tabulampot.

19 . MANGGA MADU ANGGUR

Tanaman Mangga Madu Anggur

Rp 40.000

Tanaman Mangga Madu Anggur adalah mangga asli tanah air yang memiliki rasa manis berpadu dengan sedikit asam. Mangga Madu Anggur merupakan jenis mangga yang termasuk langka di Indonesia. Bentuk buahnya bulat lonjong , kulit buahnya tebal dan tetap berwarna hijau berbintik keputihan meskipun sudah tua. Tekstur daging buahnya lunak, tebal dan berwarna kuning.

 

 

BACA JUGA

, , , , , , , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *